Ditengarai, Bank Sentral Turki Secara Terselubung Merampas Emas Rakyat

529

Tingkat investasi yang terus menciut dan merosotnya daya beli lira Turki, membuahkan suatuigagasan baru yang culas di kalangan Bank Sentral Turki: diam-diam merampas emas rakyat Turki. Dengan sambil berpura-pura membantu pemilik emas mendapatkan uang lebih banyak

Situs Hangthebankers.com menengarai, mengutip laporan dari media lokal, Daily Sabah, niyat dan skema culas ini.

Tujuan skema itu, menurut situs independen tersebut,   adalah agar rakyat Turki menyerahkan emas fisik mereka kepada perbankan,  yang kemudian menerbitkan “surat utang” atasnya, dengan janji imbalan. Jadi bank menerbitkan “obligasi” emas dan pada saat yang sama menerbitkan instrumen untuk skema pinjaman emas dan perhiasan emas.

Tujuan sebenarnya adalah  bahwa para bankir, dengan memperalat pemerintah Turki memberikan legalitasnya, benar-benar  untuk menggunakan logam mulia dmilik swata tersedia bagi kepentingan  industri keuangan. Ini  dipasarkan sebagai sistem keuangan yang memungkinkan warga negara untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan cadangan emas mereka yang selama ini di bawah kasur, diserahkan kepada “pemerintah”.

Pemerintah  menjanjikan untuk membayar bunga tertentu selama jangka waktu tertentu obligasi diitu dalam lira Turki. Tingkat bunga ini akan tergantung kepada perkembangan harga emas. Tanpa jaminan bahwa skema ini tidak akan, kalau bukan bis adipastikan,  menghasilkan kegagalan bayar (default).