Kafe Muamalah, Ngopi Tanpa Riba

532

Kopi adalah minuman yang mengasyikkan. Dalam dunia sufi, bahkan kopi diidentikkan sebagai “wine” nya para sufi. Bagi kaum muslimin, kopi sudah melekat sejak Islam dimulai. Namun akan lebih asyik jika bisa ngopi tanpa riba. Bayangkan bagaimana kasiatnya.

Ngopi tanpa riba itu salah satunya ada di Kafe Muamalah. Tempat ngopi ini ada di kawasan Depok, Jawa Barat. Sekitar sejam dari pusat kota Jakarta. Kafe Muamalah ini berdiri di bangunan rumah toko yang persis di pojokan persimpangan Perumahan Beji Permai, Depok. Lokasi tepatnya berada di Jl. Tanah Baru Raya No. 7B, Tanah Baru, Depok, Jawa Barat.

Di Kafe Muamalah tersedia beragam jenis pilihan kopi asli khas Indonesia. Ada kopi Mandhailing, kopi Toraja, kopi Gayo, kopi Luwuk, kopi Java Preanger, kopi Bali Kintamani dan beragam kopi lainnya. Dijamin kopi ini asli dari biji yang segar. Yang membuatnya menjadi tanpa riba ialah tatkala kopi ini bisa ditukarkan dengan Dirham perak untuk pembayarannya. Nah, di tengah dahsyatnya gerusan kapitalisme alias ribawi ini, tentu ngopi tanpa riba menjadi keasyikan tersendiri.

Di Kafe Muamalah juga tersedia buku-buku untuk memahami riba, kapitalisme dan sultaniyya, terbitan dari Pustaka Adina publishing. Maka, mari ngopi sembari bercakap-cakap anti riba dan jalan keluarnya. Mari ke Kafe Muamalah.