Kitab “The Enterim is Mine”, Dikaji di Sekolah Muamalah

337

The Enterim is Mine adalah satu satu kitab karya Ian Dallas (Shaykh Dr Abdalqadir as Sufi) yang mengajarkan soal politik dan kepemimpinan.  Dalam buku ini Dr Ian Dallas menyingkap kembali kualitas kepemimpinan dalam masyarakat yang masih sehat, yang dilandasi oleh kesatriaan, atau futuwwa.

Dalam menuliskan karyanya ini Dr Ian Dallas menggabungkan latar belakangnya sebagai orang Eropra, dan tradisi ia bertumbuh kembang di sana, dengan tradisi Islam. Ian Dallas menunjukkan bahwa selama Perang Salib telah terjadi persinggungan erat, bahkan saling belajar, antara dua kelompok yang tengah berseteru, yakni Muslim dan Kristen.

Salahuddin al Ayubi lah, pahlawan Muslim, yang mengajarkan dan menularkan nilai-nilai futuwwa ke Eropa. Nilai yang didasari oleh keberanian, kedermawanan, kepedulian pada orang lain, dan sifat-sifat terpuji lainnya.

Sisi lain yang ditunjukkan oleh Ian Dallas adalah lahir dan berkembangnya negara modern mengakibatkan luntur dan terbunuhnya sifat-sifat kesatriaan tersebut. Maka, tiba waktunya bagi kaum Muslim khususnya, untuk kembali mempelajari dan mengamalkan futuwwa ini, menyongsong kepemimpinan masa depan.

Sistem negara modern tengah runtuh, maka model kehidupan baru perlu mempersiapkan kepemimpinannya.

Buku The Enterim is Mine mulai dikaji di Sekolah Muamalah, Sabtu 1 April 2017 lalu, dan akan berlangsung sampai kitab tersebut tamat dibahas.

 

Kajian ini terbuka untuk umum. Berlangsung mulai pukul 14.00-16.00