Pondok Oleh-oleh “OBIC”, Peduli Anak Muda Tanjungpura

190

Kpirah Kota Ketapang, di Kalimantan Barat, belum banyak dikenal di tingkat nasional. Padahal potensi nya cukup banyak. Dan geliat perekonomian kota kecil ini dapat dilihat dari penerbangan yang datang dan pergi, atau sekadar transit di sini, cukup banyak.

Belum banyak diketahui kalau di Ketapang, yang menjadi pusat Mangku Negeri Tanjungpura Darussalam, kini mulai berlangsung kegiatan muamalah. Ada penarikan dan pembagian zakat dalam dinar dan Dirham. Ada Pasar Mangku Negeri yang bhguka dua kali sepekan, dan menerima pembayaran dengan Dianr dan DIrham. Lalu ada kegiatan pekanan lainnya yang berpusat di Balai Mangku Negeri, seperti mamanah, olah raga beladiri, dan lain sebagainya.

Di Ketapang ada sebuah toko oleh-oleh, Pondok Oleh-oleh “OBIC”. Di situlah (Bpk) Inbu Razali, atau Bang Ridho, mengenalkan dan mengembangkan berbagai makanan khas Ketapang, seperti kemplang, kopi, terasi, kerupuk, dan sebagainya.

Pondok Oleh-oleh  “OBIC” juga sangat peduli dengan pngembangan anak-anak muda Ketapang. Ibnu Razali aktif dalam pencak silat, futsal, dan berbagaikegiatan anak muda lainnya, sebagai pembina dan pendukung.

Pondok “OBIC” juga menerima pembayaran dengan Dinar dan Dirham sebagai pengamalan muamalah. Bang Ridho sering berjualan juga di Pasar Mangku Negeri.