Toko 5 Sodara, Penjual Obat dan Kosmetik Menerima Dinar Dirham

229

Daerah Depok, khususnya di Tanah Baru, banyak terdapat kedai dan usaha lain yang menerima pembayaran dengan Dinar dan Dirham.  Salah satunya adalah Toko 5Sodara. Ini letaknya di Jalan R Sanim, sekitar 500 m dari Tugu Tanah Baru, melewati jalan Curug Agung.,

Ukurannya kecil saja, cuma 2×2 meter persegi saja. Letaknya tepatnya di dekat pertigaan Jalan Raden Sanim- Jalan Curug Agung, Tanah baru, Depok. Namanya,  terpampang dalam neon box yang menghiasi toko mungil ini,  “Toko 5Sodara”. Isinya keperluan sehari-hari seperti sabun, bedak, minyak angin, obat batuk, sampo, lipstik, koyok, dan sejenisnya.

Ya, sekadar untuk memenuhi keperluan penduduk sekitar, bukan sesuatu yang  muluk-muluk.

Toko ini boleh dikatakan paling sering menerima pembeliyang membayar dengan Dirham perak. Maklum di Tanah Baru dan sekitarnya banyak mukim para pengguna Dinar dan Dirham.

Toko ini cukup dikenal di kalangan pelanggannya, karena letaknya tak jauh dari lokasi Pasar Muamalah, Tanah Baru.  Lokasinya pun mudah dicari.

Bang Makmun, penjaga toko ini, pun hampir setiap bulan menerima gajinya sebagian dalam Dirham perak. Tentu sebagian yang lain masih dalam bentuk rupiah. Maklum ini adalah masa transisi, belum semua orang mengenal dan menggunakan Dinar dan Dirham.