Universitas Islam Sumut Gerakkan Muamalah, 22-23 April 2017

281

Warga Medan menggeliatkan muamalah.  Berpusat di sebuah kampus universitas. Pada hari Jumat, 21 April 17,  akan diadakan pembagian zakat dalam bentuk harta dinar dan dirham kepada para mustahik. Dailanjutkan  pada hari Sabtu, 22 April 17,  dengan seminar akademik tentang muamalah, dinar dan dirham. Seluruh kajian ilmu akan dipraktikkan langsung  pada hari Ahad, 23 April 2017 dalam bentuyk Pasar Muamalah, tempat bertransaksi dengan dinar dan dirham.

Semua acara bertempat di Kampus Muamalah UISU Medan

Wazir Amirat Sumatra Timur. Tikwan Raya Siregar, telah mengumumkan kepada khalayak tentang  festival pasar terbuka dengan ketentuan-ketentuan yang diharuskan dalam pasar sesuai syariat Islam, sebagai berikut:

1. Pedagang adalah bebas dari mana saja, lintas kaum, lintas keyakinan.
2. Tidak dipungut biaya, pajak, ataupun retribusi.
3. Barang yang dijual harus halal dan baik.
4. Tidak dibenarkan melakukan riba dan kecurangan dalam transaksi.
5. Pedagang dan pembeli menerima dinar dan dirham sebagai alat tukar, meskipun transaksi dengan uang kertas rupiah tetap diperbolehkan.
6. Berjualan pada saat waktu shalat fardhu berjamaah adalah diharamkan.
7. Perselisihan yang mungkin terjadi sepanjang muamalah ini akan menjadi wewenang seorang muhtasib untuk menyelesaikannya.
8. Calon pedagang diharapkan mendaftar sebelumnya untuk mendapatkan pelayanan panitia festival pasar.

“Kami atas nama Amirat Sumatra Timur mengundang khalayak untuk datang menyaksikan langsung praktik muamalah yang hidup dan menjadi bagian di dalamnya, baik sebagai pedagang, pembeli, pengunjung, dan pencari ilmu fi sabilillah,” tambah Wazir Tikwan.

 

Semoga Allah meridhoi acara ini.